Sunday, January 26, 2014

Johnny's Jr no Shinjitsu documentary






Kami melihatnya... The truth behind Johnny’s Jr

.

Tadinya, tadinya¸gw mau ngereview documentary Johnny’s Jr no Shinjitsu ini. Tapi karena entah gimana review gw terkesan kacau balau, akhirnya ga jadi gw publish.

Jadi—katakanlah—sekarang gw rangkum beberapa hal yang cukup menarik di documentary ini. Buat yang belum pernah nonton, gw saranin nonton deh. Banyak Johnny’s Jr fact yang cukup mengejutkan. Lalu ada beberapa Jr yang sering kena sorot: Genki, Amu, Kaoru, Yasui... Jinguji dan Kishi juga sering disorot, biarpun mereka ga banyak ngomong.

Johnny’s Jr no Shinjitsu ini documentary tentang para Jr, dan berfokus pada satu event: Summary 2012. Lumayanlah, sekalian ngeliat Behind the Scene Summary 2012 dari sudut pandang para Jr XD

Yap, kita mulai aja~


.

1. Jr bawa bolpen dan catetan waktu latihan. Mereka ga disuruh ngelakuin ini, tapi ini inisiatif mereka sendiri. Mereka nyatet yang menurut mereka penting, kaya detil-detil, posisi, dll.



.

2. Sekali diajarin, mereka harus langsung bisa. Kalau mereka ga bisa hafal gerakannya di latihan pertama, mereka ga boleh ikut perform. Ada satu kali mereka harus ngapalin koreografi 13 lagu dalam waktu 3 jam—di sela-sela 2 show Summary. Kalau mereka ga bisa, yah, mereka ga boleh ikut perform. 

Satu lagi. Kalau mereka ngelakuin kesalahan, mereka bisa gitu aja di-remove. Jinguji bilang kalau tekanannya selalu bikin stress. Kaneda bilang kalau mereka ngelakuin kesalahan, mereka tamat. Takada juga bilang kalau dia ngerasa dia ga bisa, dia bakal langsung di-remove. Jadi dia bilang dia bakal ngelakuin semuanya sebaik mungkin tanpa berpikir kalau dia akan gagal.

.

3. Karena Summary diadain waktu Summer break, mereka bisa bener-bener fokus latihan seharian. Kalau hari biasa, mereka kepotong sekolah dan yang lainnya. Jadi, mereka latihan kurang lebih 7 jam sehari—kata Genta. Pas gw itung, kayanya lebih lama deh XD Mulai latihan jam 11, dan baru selesai jam setengah 8.

Buat Jr, Summer break = Summary.

.

4. Matsukura Kaito pengen masuk Jr setelah dia nonton live-nya Arashi. Dia bilang, ngeliat Arashi, dia jadi pengen berada di atas stage.

.

5. Amu baru dapet telepon buat audisi setaun sesudah dia ngirim formulirnya. Kalau Reia, seminggu sesudah ngirim formulirnya, dia udah dapet fax. Amu bilang pas audisi ada 100 orang pas pagi dan 100 orang pas sore. Tapi akhirnya yang lolos cuman dia dan Sou-nya Sexy Zone.

Pas dia ngomong gini, ada Jinguji yang lagi ngerandom di belakang sana XD


.

6. Waktu Summary, satu Jr dapet sekitar 10 kostum. Dan karena ga ada staff yang bakal bantuin mereka, mereka harus ngelakuin semuanya sendirian. Yang ini ga mengejutkan sih XD Tapi ini nyangkut ke perkataan Kishi—atau Genki, atau Jinguji, atau Reia, gw lupa—yang bilang kalau mereka salah kostum, mereka ga boleh ikut tampil.

.

7. Berkaitan soal kostum. Di salah satu Summary-nya Sexy Zone, Amu salah kostum. Waktu semuanya pake luaran merah, dia pake baju item.



Sadar kalau dia salah kostum, dia pun lari keluar panggung—dan posisi kosongnya akhirnya diambil Kishi yang langsung geser. Dan mereka ada di baris pertama.

Sesudah itu, Amu keliatan depresi banget. Akhirnya, dia pun dihibur Hanzawa Akatsuki sama Shoki. Akatsuki bilang, salah itu ga apa-apa. Justru ga bisa jadi dewasa kalau ga salah dulu. Amu cuman ngangguk-ngangguk, terus mereka gandengan tangan gitu. Akhirnya Amu bilang, “Kalau gitu, besok kita makan yakiniku, yah! Morohoshi juga!” yang langsung disetujuin keduanya. Senpai yang baik.

Amu terus bilang kalau dia sayang sama senpainya. Iyalah, masa dia berani bilang senpainya jahat seudah dihibur gitu? XD

.

6. Johnny’s Mansion. Di Summary 2012 itu, ada total 100 kotak yang masing-masing diisi 1 Jr. Tingginya sekitar 10m, katanya.




Nah! Karena ada 100 kotak—4 vertikal, 25 horizontal—maka yang paling tengah bisa dibilang adalah kotak ke 13 di baris ke 2 dan 3. Dan siapa yang ada di dua kotak itu? Jinguji dan Genki. Ah lupakan saja, ini hanya sekedar fun fact.

Di sini, jadi keliatan kalau ada Jr yang salah gerakan. Makanya, kalau mereka ga hafal gerakannya, atau ngelakuin kesalahan, mereka bisa langsung di-remove begitu aja.

.

7. Jr sering ngelakuin kerjaan staff, misalnya mindah-mindahin properti panggung. Yang ini udah bukan kejutan sih. Tapi jujur aja baru kali ini gw bener-bener liat Yasui, Hagi, Masuda Ryo—dan mungkin ada Takada somewhere di situ—mindah-mindahin tali, masang pengaman, ngebawa pergi kostum, dll.

Takada bilang kalau ini udah tradisi. Yasui sama Keigo bilang kalau itu bener-bener repot. Kerjaan staff bener-bener berat. Malah mereka bilang, ngedance itu sebenernya jauh lebih gampang.

Nah, karena jadi sering terlibat inilah, mereka jadi tau banyak teknik/trik panggung yang digunakan. Dan ini nantinya akan berguna waktu mereka debut. Kalau mereka debut.

.

8. Takki bilang kalau ga ada yang bener-bener ngasih tau ke Jr apa yang harus mereka lakuin. Mereka lebih ke “Liat gw, dan tiru gw.”

Banyak Jr yang ga sabar pengen debut. Dan sampe debut nanti, mereka baru bisa bener-bener ngerasain pentingnya masa Jr.

.

9. Sedikit random. Seperti yang kita tau, mereka makan rame-rame tanpa peduli umur. Tapi tetep aja gw agak greget ngeliat ini XD gap umurnya terlalu jauh XD


.

10. Masih soal umur. Mereka menilai senpai-kouhai dari urutan mereka masuk, bukan dari umur. Mereka bisa bilang “senpai” ke Jr yang jauh lebih muda dari mereka. Di sini masih ada Chino Aoi, dan Yamagata Yuki bener-bener bilang Chino “senpai”, dan itu rasanya lucu banget XD

.

11. Iwahashi Genki.

Genki dapet porsi yang cukup istimewa dalam documentary ini. Pertama, tentang soal dia yang belajar di tengah konser.

Dia bilang kalau dia belajar setiap dia dapet waktu luang. Kali ini dia lagi belajar kanji, karena dia mau ambil ujian kanji nanti—supaya dia bisa kuliah. Kurita dateng dan bilang kalau dia sih semua PRnya udah beres, dan Genki bilang kalau yang ini bukan buat sekolah.

Genki terus cerita, pas SMP dulu dia ga mau masuk sekolah karena dia dibully. Dia bilang kalau waktu masuk SMP, memang anak-anak normalnya suka ngomong sembarangan. Biarpun dia tau itu, tapi semuanya—mungkin maksudnya verbal bullying?—tetep ngefek gede ke dia. Makanya, dia jadi berpikir ‘ah, gw ga mau masuk sekolah lagi’. Tapi karena sekarang dia udah SMA, dia bilang dia harus ngelakuin semuanya dengan sungguh-sungguh. Kalau ga, dia ga akan bisa apa-apa nantinya.

Soal bullying... Genki pernah bilang entah di majalan apa kalau waktu SMP dulu dia benci banget sama lesungnya, malah dia sampe jarang senyum. Mungkin ada hubungannya sama bullying yang dia alamin?

Dan satu hal yang gw sadar: matanya Genki menghindari kamera. Dan karena dia natapnya ke atas, kayanya dia natap si reporternya, biarpun ga lama kemudian matanya ngehindar lagi.

Ini masih Genki yang pemalu dan tertutup, saudara-saudara! Jadi inget Genki versi 2014 yang udah bisa dengan pede bilang kalau dia punya baby face dan dia-lah yang paling imut di antara dia-Kishi-Jinguji-Miyachika XD malah udah bisa bilang Jinguji seksi segala XD

Aah, kembali tentang Genki. Waktu photoshoot, dia ga gabung bareng yang lainnya. Dia latihan taiko sendiri. Dia bilang dia ga pernah main taiko sebelumnya, jadi dia bener-bener harus latihan. Bahkan dia juga latihan waktu di naik kereta.

Dia tau semua juga panik sama sudden change tentang taiko ini, tapi dia ga mau ngerepotin semuanya. Sekali lagi mata Genki ga ke kamera.

Seperti yang kita tau, Genki kalau stress sebelum tampil sering sakit perut.

Tapi akhirnya dia bisa tampil dengan mantap di atas panggung. 

Tapi sesudah ini lewat, dia kembali keliatan rileks. Malah, di hari terakhir Summary, dia bilang kalau dia sebenernya kesel karena Summary udah bakal beres. Dia bener-bener latihan keras buat main taiko, dan bentar lagi udah jadi kali terakhir dia mainin taikonya. Dia bilang mau mukul taikonya keras-keras, peduli amat kalau nanti drumsticknya patah XD

Dan terakhir tentang Genki. Sesudah hari terakhir Summary, dia bilang kalau besoknya di ada ulangan. Jadi begitu pulang dia akan langsung belajar XD

Apa gw bilang, Genki dapet porsi luar biasa di sini.

.

12. Sekolah. Biarpun mereka sibuk belajar ngedance dll, mereka ga mengabaikan sekolah. Malah Jr yang lebih tua biasanya ngebantu Jr yang lebih muda.

Dan karena ini summer break, tentu aja mereka punya pr musim panas. Nah pr ini dikerjain di sela-sela latihan mereka.

.

13. Major changes sehari sebelum show. Yap, ini biasa buat mereka. Chino Aoi—dan MatsuKai, dan beberapa anak yang gw ga tau—dikasih koreografi baru pas sehari sebelum show. Soal ini dibahas di bagian agak akhir documentary, di mana para Jr bisa beradaptasi terhadap perubahan gede itu dengan baik.

Mereka bilang kalau mereka harus menampilkan yang terbaik. Dan saat mereka ngeliat ada sesuatu yang kurang pas—biarpun itu adalah latihan terakhir—langsung bakal mereka ganti.

Di sini kembali ditekankan: “Liat, dan langsung hafalin. Kalau kalian ga bisa, kalian ga boleh ikut perform.”

.

14. Idol yang bertumbuh bersama fans. Istilah ini sering digembor-gemborkan sama fans 48. Dan pada dasarnya, Johnny’s menggunakan konsep yang sama. Ngeliat perkembangan mereka dari mereka masih Jr, sampe akhirnya mereka debut dan jadi artis hebat. Mereka bisa ada di Johnny’s 10 atau 20 taun.

Jadi ada fans yang ngedukung mereka dari awaaaal banget dan bertumbuh bersama Jr kesukaan mereka itu. Makanya, banyak fans ibu-ibu yang udah sampe bawa anaknya buat nonton mereka. Banyak pasangan ibu-anak yang nonton bareng. Fans bisa ngeliat mereka tumbuh dan berkembang.

Jadi ada pikiran “Wah, Jr yang dulu selalu gw dukung udah jadi begini sekarang!”

Makanya, partisipasi fans yang gede inilah salah satu kunci kesuksesan Johnny’s.

Katakanlah, soal usaha keras dan partisipasi fans, Johnny’s ga kalah dengan 48.

Ngomong-ngomong soal bertumbuh bersama fans... jujur aja, Jr yang gw ikutin dari awal-awal dia masuk, dari dia masih cupu banget sampe sehebat sekarang cuman satu: Matsumura Hokuto. Awalnya gw suka Misaki. Takahata Misaki. Tapi dia keluar di tengah jalan. Dan akhirnya, muncul Hokuto. Anak cupu yang skillnya jauh banget di bawah NakaKen dan Fuma.

Ngeliatnya entah kenapa jadi pengen gw dukung. Dan bener aja. Sekarang namanya udah cukup gede, dan somehow ada rasa bangga dalam diri gw, biarpun pada dasarnya gw ga berkontribusi apa-apa buat dia.

Bayangkan gimana perasaan fans sana yang bener-bener ngedukung seorang Jr dari awal sampe Jr itu bersinar.

Kalau gw... Sekalinya gw bener-bener keluar duit buat ngedukung idol adalah waktu ngedukung Rica dan Delima, JKT48. Gw bisa semangatin mereka, vote mereka, dan begitulah. Dan waktu Rica berhasil masuk senbatsu Pajama Drive Revival Show/Kalender 2014 berkat vote, gw ngerasa seneng juga karena gw ikut partisipasi dalam ngasih vote itu. Katakanlah, dia berjuang, gw juga berjuang.

Buat gw, sedikit susah buat bener-bener ngedukung Jr. Tapi yah intinya sih, tumbuh dan berkembang bersama fans juga adalah konsep yang udah sejak lama tertanam di Johnny’s Jr.

.

16. Waktu ada 3 show dalam satu hari, mereka ngegunain spare waktu yang ada buat tidur.

  

^ Amu


^ Nah ini Jinguji


^ Ini Genki

.

17. Lessons are free. Jadi, mereka bisa berhenti kapan aja mereka mau. Biarpun gitu, mereka tetep ga menyerah dan terus berusaha keras.

.

18. Yang diajarin di Johnny’s cuman dance. 

.
.
19. Btw beginilah penampakkan absennya mereka.



.

20. Johnny’s idol tetep populer sampe sekarang. Dan fans pengen jadi yang pertama untuk jadi saksi siapakah yang bakal jadi bintang masa depan.

Ga ada yang tau siapa yang bakal berada di bawah lampu sorot, dan siapa yang bakal pergi. Selama mereka terus berusaha keras, akan ada stage yang menunggu.

Terakhir.

Johnny’s Jr adalah sekolah, di mana semuanya berusaha untuk meraih mimpi yang sama. Tapi, di sini ga ada aturan yang bakal membimbing mereka. Cuma beberapa dari mereka yang bakal bersinar, mereka tau itu. Tapi yang mereka (tim dokumenter ini) yakini adalah, kalau kita merasakan hal-hal ini, kita akan jadi lebih kuat.


.

.

Begitulah. Yah lumayanlah, ga separah review pertama gw yang bener-bener amburadul. Tapi lumayan buat ngeliat gimana ‘dapur’nya Jr, biarpun ini documentary yang udah cukup lama, 2012.

Habis ngeliat ini, rasanya agak merasa bersalah kalau nyalah-nyalahin mereka pas mereka perform. Usaha mereka luar biasa. Dan tentu aja, jadi pengen terus dukung Jr yang disukain.

Pokonya buat yang belum nonton, gw saranin nonton lah XD


.

2 comments:

  1. Nemu ini secara kebetulan pas nemu foto Genki bobo QAQ
    Udah lama tau ada ini, tapi gak ngerti dimana bisa donlot X"D
    Akun LJ isinya cuma JUMP kalo gak ya SZ :" //gelindingan//

    Indeed, Jonis itu super keras
    Denger cerita masa Jr dari Inoo dan Yama aja rasanya udah merinding :"
    Hashimoto Ryo yang udah ada di Jr dari jaman Shintaro masih unyu badai aja, jarang banget keliatan. Palingan juga dance bareng chibikko2 di belakang. Jarang bakal ada nama dia muncul ato dia nyanyi di barisan depan. Bertahun2 nonton SC cuma buat nyari Ryo yang masih aja kecil di stage SC :"
    Masalah debut itu juga gak pasti
    Yasui seumuran daiki jg belum debut, tapi sering nongol di dorama sama butai sih, mana dia MC juga di banyak acara jonis AwA

    Btw, video ini donlotnya dimana ya?
    Ada sub nya sih kalo bisa
    Donlot yang gak ada sub cuma JJL, SC, Gamushara, sama SZCH :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa itu XD malah anak yang dulunya di baris belakang kaya Genki aja sekarang bisa jadi center XD

      nonton aja, lumayan lah documentary-nya (?) kalau yang ada subnya ada di hakucchan@LJ

      Delete